-->

Contoh Makalah Wacana Aturan Pengangkutan (Maritim) Penerapan Asas Cabotage Dalam Industri Migas Di Indonesia

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah ihwal Hukum Pengangkutan (Maritim) Penerapan Asas Cabotage dalam Industri Migas di Indonesia

Contoh Makalah ihwal Hukum Pengangkutan  Contoh Makalah ihwal Hukum Pengangkutan (Maritim) Penerapan Asas Cabotage dalam Industri Migas di Indonesia
Contoh Makalah ihwal Hukum Pengangkutan (Maritim) Penerapan Asas Cabotage dalam Industri Migas


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah ihwal Hukum Pengangkutan (Maritim) Penerapan Asas Cabotage dalam Industri Migas di Indonesia. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word. Isi makalah membahas tentang:

Rumusan Masalah:
  1. Bagaimanakah pengaturan aturan pengangkutan di Indonesia?
  2. Bagaimakah pengaturan asas cabbotage di Indonesia?
  3. Apa kiprah BP Migas dalam proses pertambangan Minyak dan Gas, termasuk hal pengangkutan hasil tambang?
  4. Apa laba diterapkannya asas cabbotage bagi BP Migas, terkait dengan problem Rig kapal? 


Pengaturan mengenai Hukum Pengangkutan di Indonesia ialah :
  • Kitab undang-undang Hukum Perdata, buku III ihwal perikatan
  • Kitab Undang-undang Hukum Dagang, Buku V ihwal pengangkutan
  • UU No 21 tahun 1992 yang kemudian diganti dengan UU No 17 tahun 2008 ihwal Pelayaran
  • PP No 51 Tahun 2002 ihwal Perkapalan
  • PP No 20 Tahun 2010 yang diubah dengan PP No 22 tahun 2011 ihwal Angkutan Perairan Laut
  • Inpres  No.  5  tahun  2005  tentang  Pemberdayaan  Industri  Pelayaran Nasional
  • Peraturan Menteri Perhubungan No 48 tahun 2011


Asas Cabotage dalam Hukum Pengangkutan di Indonesia.
  • Asas  Cabotage  berarti  prinsip  yang  memberi  hak  untuk  beroperasi secara komersial di dalam suatu negara hanya kepada perusahaan angkutan dari negara itu sendiri secara eksklusif. Asas cabotage ialah aktivitas angkutan maritim dalam negeri dilakukan perusahaan angkutan maritim nasional dengan menggunakan kapal berbendera Indonesia serta diawaki awak kapal berkewarganegaraan Indonesia.
  • Pengaturan mengenai penerapan asas cabotage terdapat dalam UU No 17 tahun 2008 ihwal Pelayaran, kemudian PP No 20 tahun 2010 yang diubah dengan PP No 22 tahun 2011 ihwal Angkitan perairan laut. Serta Inpres No 5 tahun 2005 ihwal Pemberdayaan Indsutri Pelayaran Nasional.


Peran Badan Pelaksana Minyak dan Gas Bumi.
  • Badan Pelaksana Minyak dan Gas Bumi (BP Migas), melaksanakan kiprah pengendalian ketentuan dalam kontrak kolaborasi pada aktivitas perjuangan hulu migas. Kedudukan tubuh pelaksana merupakan tubuh aturan milik negara. Fungsi dari tubuh pelaksana ialah melaksanakan pengawasan terhadap aktivitas perjuangan hulu supaya pengambilan sumber daya  alam  minyak  dan gas  bumi  milik  negara  dapat  memberikan manfaat dan penerimaan yang maksimal bagi negara dan rakyat.
  • Pengaturan mengenai BP Migas terdapat dalam UU No 22 Tahun 2001 ihwal Minyak dan Gas Bumi, serta PP No 42 tahun 2002 ihwal Badan  Pelaksana  Kegiatan  Usaha  Hulu  Minyak dan  Gas  Bumi  (BP Migas)
  • Industri hulu migas, setiap tahun mengoperasikan lebih dari 600 buah kapal, 90% dari kapal-kapal tersebut ialah berbendera Indonesia, sisanya ialah berbendera asing, sekitar 60 kapal. Dilihat dari jenis kapalnya yang masih berbedera gila adalah, kapal jenis Jack Up Rig dan 3D Seismic Vessel, yang keduanya ialah kapal besar penunjang aktivitas eksploitasi minyak dan gas.


Keuntungan  penerapan  asas  cabotage  dalam  industri  migas  dan pengangkutan di Indonesia.
  • Ketentuan  mengenai  pengecualian  penerapan  asas  cabotage  dalam sistem pengankutan maritim di Indonesia pada bidang industri Migas dibentuk dengan maksud untuk menjaga kelangsungan industri Migas di Indonesia. Karena dengan pemberlakuan asa cabotage produksi minyak pun terhenti. Berdampak pada berkurangnya produksi minyak mentah siap jual atau lifting pada tahun 2011.
  • Untuk  membantu  agar  perhatian  industri  galangan  kapal  nasional terpusat pada peningkatan standar, BP MIGAS telah menetapkan ada tiga prinsip dalam pengadaan kapal, yakni kualitas mutakhir, harga yang cukup kompetitif, dan ketepatan waktu pengiriman. Syarat ini juga diberlakukan pada barang-barang penunjang operasi lainnya yang dikerjakan di Indonesia.
  • Pengusaha  dan  galangan  kapal  harus  dipaksa  memenuhinya,  jika pengguna tidak memacu perkembangan industri dalam negeri, pasti kemandirian hanya angan-angan.
  • Jadi intinya penerapan asas cabotage ini ialah suatu pijakan awal supaya Indonesia menjadi negara yang lebih maju, supaya Indonesia sanggup menciptakan sendiri kapal-kapal yang akan dipakai untuk melaksanakan  pengangkutan  di  Indonesia,  termasuk  kapal-kapal  kelas berat sekelas jack up Rig dan 3D seismic vessel.
  • Pada  dasarnya  penerapan  asas  cabotage  dalam  indutri  migas  di Indonesia tidak akan memperlihatkan kerugian pada pemasukan negara melalui migas, kalau diterapkan dengan benar. Jutru akan lebih menghemat pengeluaran sebab menggunakan kapal buatan dalam negeri, serta memperlihatkan laba juga bagi industri perkapalan dan pengangkutan Indonesia. 


Contoh Makalah ihwal Hukum Pengangkutan (Maritim) Penerapan Asas Cabotage dalam Industri Migas di Indonesia ini mudah-mudahan sanggup menjawab pencarian anda dan menjadi komplemen acuan terkait dengan Contoh Makalah ihwal Hukum Pengangkutan (Maritim) Penerapan Asas Cabotage dalam Industri Migas di Indonesia menyerupai tujuan asas cabotage, pengertian asas cabotage, dasar aturan asas cabotage, tujuan diberlakukannya asas cabotage, akhir adanya asas cabotage, akhir asas cabotage, landasan aturan asas cabotage, kiprah dari ksop, kumpulan makalah aturan pengangkutan, makalah aturan pengangkutan darat, makalah aturan pengangkutan laut, artikel makalah aturan pengangkutan, makalah aturan pengangkutan darat melalui jalan umum, makalah aturan pengangkutan udara, makalah aturan pengangkutan darat kereta api, kumpulan makalah aturan dagang dan lain-lain.

Preview Contoh Makalah:

Contoh Makalah ihwal Hukum Pengangkutan (Maritim) Penerapan Asas Cabotage dalam Industri Migas di Indonesia


Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word ]




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Makalah Wacana Aturan Pengangkutan (Maritim) Penerapan Asas Cabotage Dalam Industri Migas Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel